Hati-Hati !! Jangan Mengelap Alat di Gym Dengan Handuk

Alat-alat di gym dipakai oleh banyak orang. Seringkali, untuk memastikan alat-alat tersebut bersih, kita memakai handuk untuk mengelap bagian yang ingin digunakan.

Ternyata cara tersebut tidak direkomendasikan. Dilansir dari laman Dmarge, membersihkan alat gym dengan handuk justru berisiko menularkan kuman, bakteri hingga jamur.

Menurut Bridget Gardner, direktur perusahaan di Melbourne yang menyediakan layanan bersih-bersih, alat-alat di gym rentan dengan bakteri dan virus.

Cameron Jones, ahli mikrobiologi dan pengendalian jamur dan infeksi, pun setuju dengan pendapat Gardner.

Alasannya, pusat kebugaran didatangi oleh banyak orang. Alhasil, alat-alat mereka pun disentuh terus-menerus. Hal ini menyebabkan sisa segala sesuatu mulai dari bakteri, jamur hingga virus menempel.

Bahkan, ada laporan yang menyebutkan, alat seperti bicep curlers dan chest presses juga menjadi tempat berkembang biak bagi kuman.

Ada pun risiko kesehatan tersebut lantaran kuman-kuman yang menginfeksi handuk kemudian dibawa pulang.

Tanpa sadar, kita sering mencampurkan handuk dengan barang-barang lain, termasuk terpapar kulit saat mengelap keringat.

“Kamu sudah berkeringat dan memiliki suhu tinggi. Jika bahan pada handuk kotor, dan kamu menempelkan ke permukaan kulit, risiko terinfeksi besar,” kata Jones.

Solusinya, menurut Gardner dan Jones, setiap orang harus menggunakan handuk sekali pakai yang disediakan di gym daripada handuk sendiri.

Untuk membersihkan tangan dari kuman, Jones juga menyarankan untuk menggunakan pembersih setelah setiap sesi selesai.

Jika kamu harus memakai handuk, Gardner menyarankan untuk mencucinya setiap hari. Dia juga memperingatkan untuk segera mengganti handuk jika mulai bau tak sedap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

Sugaring, Alternatif Mencukur Bulu Dengan Minim Rasa Sakit

Selain mencukur bulu atau waxing, kini kulit yang mulus tanpa gangguan bulu rambut juga bisa didapatkan dengan melakukan teknik sugaring. Yang membuat sugaring lebih unggul dibanding waxing sebenarnya adalah lembut di kulit sehingga minim rasa sakit. “Metode waxing biasanya butuh pemanasan supaya menempel di kulit, lalu setelah dingin menjadi padat. Risikonya adalah kulit terbakar,” kata […]