Suzuki Mulai Memproduksi Motor Listrik

Hampir setiap merek industri otomotif tengah memutar otak dan uang untuk segera memiliki kendaraan bertenaga listrik. Suzuki pun sebagai salah satu brand ternama di dunia pun mengungkapkan mereka tengah mengembangkan motor listriknya.

Pengembangan motor listrik Suzuki akan dimulai dari India sebagai salah satu market besarnya. India dikatakan akan menjadi titik mula pengembangan skuter dan motor kecil bertenaga listrik.

“Ini sedang dikembangkan,” kata VP Suzuki India, Devashish Handa kepada Indian Express saat peluncuran Suzuki Gixxer SF 250.

Pengembangan motor listrik di India ini seiring dengan rencana Kementerian Jalan dan Transportasi India bahwa kendaraan roda tiga dan dua 150cc baru harus bertenaga listrik pada tahun 2023.

Rencana Suzuki untuk membuat berbagai kendaraan listrik roda dua masih dalam masa pertumbuhan. Oleh karena itu belum ada detil sama sekali sejauh mana proyek itu berjalan.

Namun saat ini seperti halnya di Indonesia, India sendiri belum memiliki tonggak kokoh untuk menampung populasi motor listrik. Bahkan regulasinya pun juga belum rampung.

“Kami tidak terlalu yakin kapan kami akan memperkenalkannya di pasar India, karena apa yang telah dinyatakan oleh pemerintah sejauh ini adalah (hanya) niatnya. Itu harus dikonversi ke beberapa peraturan. Kami belum memiliki peraturan yang tegas, dan sampai saat Anda memiliki kejelasan tentang peraturan, menjadi sangat sulit bagi produsen mana pun untuk menghitung waktu peluncuran. Hal-hal itu masih harus dipertimbangkan. Tetapi pekerjaan awal sedang berlangsung,” ungkap Handa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Releated

Kehadiran Honda ADV150

Sebagai pendatang baru, Honda ADV150 bikin Honda Astra Motor (AHM) tersenyum lebar. Target di bulan awal penjualan melampaui target. Tidak tanggung-tanggung, sejak diperkenalkan 18 Juli lalu hingga berita ini dibuat, penjualan Honda ADV sudah mencapai 8 ribu unit. “Kami baru bisa mengirim seribu unit ke konsumen,” ujar Thomas Wijaya, Direktur Pemasaran AHM di Denpasar, Bali. […]